Web Site Hit Counter visitors
EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch RussianBrazilJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Computer Recycling


Pada zaman sekarang teknologi berkembang sangat pesat. Setiap tahun, setiap bulan bahkan setiap hari ada saja hal baru yang muncul. Yang paling terasa adalah di bidang komputer. Komputer yang awalnya hanya pentium 1 dengan OS (Operating System) MS-DOS dan menggunakan CPU serta monitor CRT yang menyerap banyak energi sekarang telah terganti dengan yang baru yang kita kenal dengan core i7 dengan OS Windows 7 dan kebanyakan menggunakan sebuah NetBook atau NoteBook atau menggunakan CPU tapi dengan LCD monitor yang jauh lebih menghemat energi. Semua itu akan terus berkembang dari tahun ke tahun.
Kita tahu apabila ada hal yang baru maka yang lama akan tersisihkan atau bahkan terbuang. Tapi akankah kita berpikir kemana barang-barang bekas itu dibuang? Mungkin itu jarang sekali terpikir di dalam benak kita. Kita hanya berpikir bagaimana dengan hal yang baru agar kita tidak ketinggalan zaman. Taukah kita bahwa barang-barang bekas tadi dapat menimbulkan banyak masalah bagi lingkungan? Yang akhirnya lama-kelamaan dampak itu akan kembali dan mengenai diri kita sendiri. Salah satu contoh saja monitor. Di dalam monitor terdapat banyak bagian-bagian atau komponen-komponen yang mengandung bahan-bahan yang berbahaya. Apabila dibuang dan tidak ditangani serta diproses dengan tepat bahan tersebut dapat mencemari lingkungan.
Beragam cara dan solusi yang dapat kita ambil untuk mencegah hal tersebut terjadi. Anatara lain kita dapat melakukan daur ulang baik itu dilakukan oleh kita sendiri (jika mampu) atau diserahkan kepada pabrik atau perusahaan daur ulang yang ada di daerah sekitar. Daur ulang atau sering kita kenal dengan recycle merupakan cara yang paling ampuh untuk mengurangi pencemaran lingkungan dalam hal apapun. Biaya yang diperlukan untuk daur ulang tidak banyak bahkan kita bisa mendapatkan keuntungan dari hasil daur ulang tersebut. Karena dengan daur ulang tersebut kita tidak perlu membeli bahan-bahan baru melainkan kita hanya mengolah kembali bahan-bahan yang lama agar dapat dimanfaatkan kembali baik dengan fungsi yang sama dengan sebelum maupun berubah fungsi menjadi sesuatu hal yang baru yang dianggap bermanfaat. Dengan cara itu barang yang tadi seharusnya dibuang umurnya akan semakin lebih lama untuk digunakan yang akhirnya akan mengurangi bahkan meniadakan pencemaran lingkungan.
Langkah awal yang bisa kita lakukan yaitu memisahkan komponen-komponen yang dianggap mengandung bahan berbahaya dan komponen-komponen yang tidak mengandung bahan berbahaya. Kemudian kita pilah lagi antara komponen-komponen yang masih bisa digunakan atau masih berfungsi dengan komponen-komponen yang benar-benar tidak bisa digunakan kembali. Langkah selanjutnya kita bisa menyimpan komponen-komponen yang masih berfungsi tadi untuk digunakan pada komputer kita yang baru apabila komponennya ada yang rusak atau kita bisa merakit ulang dengan komponen-komponen yang lain sehingga tercipta semacam kompter daur ulang. Namun apabila kita tidak bisa melakukan kedua-duanya, mungkin jalan satu-satunya adalah mengirimkan komponen-komponen tersebut kepada pabrik atau perusahaan daur ulang. Sedangkan bagian-bagian yang sudah benar-benar tidak dapat berfungsi kembali kita bisa alih fungsikan. Seperti contoh kita melakukan sedikit modifikasi sehingga komponen tersebut bisa menjadi hiasan rumah, hiasan pot, asesoris, kotak pensil, atau modifikasi lainnya. Jika kita kreatif, maka hal tersebut bisa memberi income untuk kita apabila barang-barang hasil modifiaksi tadi laku dijual di pasaran. Namun jika tidak, mungkin kita bisa menjualnya ke pabrik pengolah bahan-bahan rongsokan.
Dengan langkah-langkah tadi diharapkan kita bisa membantu mengurangi pencemaran lingkungan yang sekarang lagi marak-maraknya dibicarakan oleh seluruh penjuru dunia. Di Amerika langkah-langkah tersebut sudah dilakukan dan diterapkan sejak lama, bahkan mereka membuat situs (website) khusus untuk menangani masalah-masalah yang terkait hal tersebut. Hal itu dilakukan karena mereka peduli terhadap lingkungan. Mereka menyadari bahwa lingkungan tempat mereka tinggal haruslah mereka jaga karena bumi ini hanya ada satu. Jika bukan mereka yang menjaga, lalu siapa lagi.
Oleh karena itu, blog ini mengajak teman-teman sekalian untuk sadar akan lingkungan. Mungkin hal-hal tersebut seperti daur ulang tadi kita anggap sepele dan kita anggap remeh, tapi kita harus tahu bahwa hal itu berdampak besar dalam upaya menyelamatkan bumi kita dari sekian banyak kerusakan dan pencemaran yang terjadi. Mari kita bersama-sama menjaga lingkungan dengan segala cara yang kita bisa, karena itu juga demi kepentingan kita bersama serta untuk generasi-generasi selanjutnya di masa depan.

By Essaipul Ehhaq print this page Print This Page

10 Comment:

Unknown mengatakan...

Aku pernah baca di national geographic indonesia, limbah komputer ini tertumpuk disuatu tempat (dimana yah? kok lupa... mgkn india atau pakistan.. lupa)... tapi yg jelas emang berbahaya... nah klo qta mengirim barang2 tsb ke pabriknya lagi, pabrik akan buang kemana? mudah2an pabrik nggak akan menambah pencemaran lingkungan yah,..

blognya bagus.,.. aku dukuuung... terus menulis yah... makasih udah visit blog ku

Gaphe mengatakan...

coba kalo gak didaur ulang, sampah komputer itu numpuk dan membahayakan pastinya.

sukses untuk lomba blognya ^_^

(tuan) Putrie Jrs ♛ mengatakan...

bahan berbahaya apa nih yang ada di monitor?
melamin?? mercury??
heheheh

salam satu spirit
putre jrs

Mas Sendall mengatakan...

Kalau enggak didaur ulang, mau dibuang kemana? Ke rumah saya aja nanti saya rongsokin kok..hehehe canda... alhamdulillah kalau ada barang2 bekas yang udah gak ada nilai pakainya saya manfaatin lagi. contoh kecilnya koran. kadang saya pake buat bikin kertas/mainan anak-anak. hehehe

sukses yah lombanya...

Ohya, tahu gak kalian bisa mendapatkan pacar di internet lho... liat di sini untuk info lebih detail http://arkan-indo.blogspot.com/2011/04/jomblo-dapatkan-calon-pacarmu-di-sini.html ^^

NTRage03 mengatakan...

@lyly : nah itu dy kk. tujuan blog ini.
kita harus bisa meminimalisir dampak buruk limbah komputer itu. ya dengan green computing ini. kita harus bisa memanfaatkan limbah itu. agar tidak menjadi sampah yang menimbun sehingga berdampak buruk.
@ gaphe : yup, oleh karena itu kita harus bisa menerapkan sistem recycle, reduce & replace dlam kehidupan sehari-hari termasuk terhadap komputer ini.
@ putri : bcanda neh puri :D klo putri dimasukin ke monitor muat gak ya :D
putri kan gendut :p
(:kabuur)
@ aziz : wah kk kreatip :D
ok kk, klo kk mw ntar q kirimin deh biar kk daur ulang semua sampah dirumahq :p

# semua yang kita lakukan, harus yang terbaik bagi bbumi kita kedpannya. karena dengan itu kita bisa merasakan keindahan yang selama ini kita rasakan lebih lama lagi. dengan green computing semuanya bisa terwujud :)
save our earth with green computing

Ezcool World mengatakan...

mksi smw'a...
smga bermanpaat... :D

dina.thea mengatakan...

nice info, mungkin bisa ditambahkan apa saja komponen yang berbahaya itu? dan ditampilkan contoh yg pernah direcycle

(tuan) Putrie Jrs ♛ mengatakan...

Aku kasih awardbuat kamu di Blogku..
mohon diambil yah..
:)

Ezcool World mengatakan...

@dina okelah... siip
@Putrie wew, mksi yak

Anonim mengatakan...

emmm... menarik emang. sampah komputer jg berbahaya...
green computer tema yang bagus... tapi sy masih bingung mengaplikasikannya di kehidupan sehari2 heeeheeee

Posting Komentar

View All