Web Site Hit Counter visitors
EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch RussianBrazilJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

Harapan dalam Sebuah Kepastian


Diakui atau tidak, kita hidup di zaman sekarang yang dihadapkan seabrek teknologi. Beberapa contohnya adalah komputer, handphone, televisi. Hingar binger kesibukan yang menghiasi kehidupan kita dunia dipastikan tidak luput dari teknologi dan informasi (IT). Kalau kita mau berkaca pada keadaan kita saat ini, sebenarnya pada zaman sekarang TI telah menghipnotis segenap lapisan manusia. Tidak perduli dia pejabat yang tinggi ataupun masyarakat yang kelas paling bawah sekalipun, mereka semua tidak bisa mengelak akan hadirnya kemajuan teknologi yang kita rasakan.

Bagi kebanyakan orang teknologi merupakan bagian dari diri mereka sendiri dan dengan itu tidak dapat kita pungkiri bahwa budaya instant sudah mendarah daging. Hal ini merupakan kabar kurang baik. Tidak hanya berdampak kurang baik untuk kita tetapi juga tidak baik juga untuk bumi yang telah kita tempati dan telah lama ada di semua generasi kita sebelumnya. Ya, hal ini dikarenakan semakin besar teknologi yang kita hasilkan maka semakin besar pula sumber energi yang dibutuhkan. Dan banyak dari beberapa energi yang kita gunakan tidak bersahabat dengan bumi kita, baik dalam penggunaanya maupun pengolahannya. Selain itu juga, banyak sumber energi tersebut tidak dapat diperbaharui atau yang sering kita dengan dengan istilah terbatas. Dan kita tahu bahwa sumber energi yang bersahabat dengan alam sekaligus unlimited adalah matahari. Dimana matahari itu sampai saat ini merupakan sumber energi kekal yang kita miliki, dimana energi yang kekal tersebut adalah energi yang tidak dapat diciptakan dan juga dimusnahkan. Disisi lain, sampai saat ini kita belum menemukan lebih banyak lagi sumber energi kekal lainnya dan masih terpangku bahwa matahari akan bertahan terus menjadi sumber energi yang tidak akan pernah habis.

Namun saat ini banyak sekali teknologi yang kita pakai dalam kehidupan sehari-hari belum memanfaatkan energi kekal (matahari) yang kita miliki. Meskipun ada teknologi yang menggunakan energy itu, tidak semua melainkan hanya sebagian kecil dan tidak semua kalangan dapat menggunakannya. Sedangkan sumber energi yang sering kita gunakan seperti batubara. Batubara merupakan sumber energi yang disodorkan pemerintah sebagai pengganti minyak. Namun dibalik potensinya itu, batu bara mengancam kehidupan manusia. Sebab batubara sumber polutan penghasil karbon nomor satu penyebab efek rumah kaca dibumi.

Kita sering melihat usaha-usaha untuk memulihkan kembali bumi kita dari dampak global warming, dengan cara menanam tumbuhan untuk meneduhkan serta menghijaukan bumi tercinta ini. Namun tidak ada salahnya apabila kita para pengguna IT juga ikut ambil bagian dalam menjaga bumi kita ini, dengan cara yang sering kita anggap remeh seperti "Green computing". Yaitu praktik penggunaan sumber daya komputer (teknologi) secara efisien. Hal ini kita memaksimalkan penggunaan energi produk secara efisien. Sehingga kita bisa menekan limbah yang dihasilkan yang akan berdampak buruk bagi keberlangsungan bumi kita. Karena kita adalah generasi pelindung bumi, tidak melihat status, umur, derajat ataupun yang lainnya. Kita harus terus berusaha untuk terus menciptakan teknologi yang aman bagi bumi kita serta dapat membantu kehidupan kita kedepannya. Semua itu bisa kita lihat sekarang, dari berbagai kalangan berlomba-lomba untuk menciptakan sumber energi alternatif lainnya yang bersahabat dengan alam kita. Itu merupakan langkah awal kita sekaligus motivasi bagi diri kita sendiri untuk tergugah membuat yang terbaik bagi bumi kita ini.

Dan adapun beberapa sumber energi alternatif yang dikembangkan oleh berbagai orang belahan bumi, dan sumber energi ini bersahabat dengan lingkungan.

  • Area Penangkapan Energi Angin Apung
  • Sumber Energi Matahari
  • Biogas Hasil Pencernaan
  • Heliokultur
  • Tenaga Angin
  • Tenaga Air
  • dll

Dan seharusnya kita sadar bahwa banyak sekali potensi yang belum termanfaatkan dengan maksimal.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi kita untuk memperhatikan segala sesuatu yang bisa sangat bermanfaat untuk menjaga keberlangsungan bumi kita ini. Baik dengan beberapa langkah kecil yang kita anggap sederhana sekalipun. Dan dengan semangat bersama mari kita ajak semua teman kita untuk menyatukan tangan demi tercapainya keberlangsungan hidup anak cucu kita dimasa yang mendatang. Kita harus bisa mewujudkan kepastian itu dengan semua usaha kita saat ini.

Grand Opening Twitter
Dapatkan tips dan info menarik lainnya dengan follow Twitter Greand


print this page Print This Page

40 Comment:

Cay's mengatakan...

Ayo kita dukung teman, gerakan anti global warming...sokong organisasi tersebut

Jujur saya prihatin juga dengan kondisi bumi seeprti ini.. semenjak ikut olimpiade dulu, bumi terlihat prihatinkan

semoga bumi cepat kembali dan manusia cepat sadar amin

NTRage03 mengatakan...

yup q setuju.
kita hrus menjaga bumi kita ini bersama-sama. ya slah satuna dg organisasi tersebut

Unknown mengatakan...

teknologi canggih baik asaltidak disalahgunakan aja

bayu hidayat mengatakan...

kalo saya mah. merdeka aja. global warming mah kudu tuh. ayooo hijau hijau bumi ku

NTRage03 mengatakan...

@sang cerpenis : betul kk, dan cuga cara penggunaannya juga. agar bumi kita bisa terjaga dari beberapa hal yang merugikan :)
@ bayu hidayat : :D sippp, sebarkan semangatnya ke yang lain :D

Nova Miladyarti mengatakan...

berhubung aku juga suka hijau, mari kita hijaukan bumi kita. Ah...ga kebayang gimana indahnya nih bumi kalau semuanya hijau:)

Obat Sakit 2011 mengatakan...

aku dukung gan green ini
teknologi makin canggih tentu limbah akan semakin banyak

NTRage03 mengatakan...

@nova miladyarti : pastina indah dan sangat sejuk..
kita tidak perlu lg jauh2 k pedesaan untuk menikmati udara segar :)
@ obat : tidak semua kk..
oleh krna itu kita sbagai pelaku IT hrus tetap terus berkarya untuk menciptakan teknologi yang canggih namun tetap ramah lingkungan..

go go green computing :)

SMP 3 Lembang mengatakan...

masuk blog ini mata saya langung segar dengan warna hijau , seandainya bumi juga seperti itu ya masih hijau semua pasti sangat menyenangkan

darusman tohir mengatakan...

hijaukan kembali bumi kita....
jangan biarkan anak cucu kita nanti lahir di bumi yang sudah rusak dan tidak layak lagi untuk ditempati...
seperti jalan cerita di lagu muse "exogenesiss part1-part3"

Fika Restiakirti mengatakan...

keren deh blognya, bernuansa hijau yang membuat hati adem :)

coba saja setiap manusia sadar akan pentingnya pencegahan global warming seperti apa kata blog ini.

salam blogger :)

NTRage03 mengatakan...

@smp3 lembang & fika : oleh karena itu kita sling mengingatkan :)
@darusman : :D hahahaha
lagu yang bisa membangkitkan semangat ya :D

Nuel Lubis, Author "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" mengatakan...

GO GREEEN!!!!!

Bisnis Oriflame mengatakan...

Saya suka dan sellau menyukai seseorang yang mencintai bumi ini karena saya jadi tahu tidak semua orang yang cuek dengan bumi yang sudah kita tempati ini.... Go Green and save our earth ;)

Muhammad A Vip mengatakan...

kemarin saya dapat brosur tentang buah nyamplung yang ternyata juga bisa dijadikan pengganti minyak tanah, bahkan lebih irit. masyarakat sulit bergerak karena beban mereka sudah berat, mestinya pemerintah yang lebih aktif.

Hariyanti Sukma mengatakan...

setuju .. Yuk mari kita mulai dari diri kita sendiri

NTRage03 mengatakan...

@Noeel-Loebis : go green!!!
@Muhammad A Vip : bnr tu, usul bgs yg hrs diketahui pemerintah
@Hariyanti Sukma: ayuuuuk....!!!

Free Download mengatakan...

OK sob
sukses selalu ya

NTRage03 mengatakan...

@bisnis ori : he'em benar memank. tpi tidak ada salahnya jika kita mengingatkan lagi dan membagi semangat "green" kita kepada orang lain yang ada di sekitar kita :)

@muhammad A Vip :itu merupakan salah satu peduli kita terhadap bumi. terus berrkarya memberikan yang terbaik. tidak hanya untuk bumi, tetapi untuk spesies kita sendiri. jadi tidak ada salahnya kita juga ikut berpatisipasi dalam hal tersebut dan terus berkarya

@imitkhan :mksih kk :)

Jeng Anna mengatakan...

save earth, go green...^__^

Obat Sakit 2011 mengatakan...

energi yang ramah lingkungan harus dikembangkan terus agar bumi ini aman

Tongkonanku mengatakan...

Sumber energi terbarukan, memang sangat dibutuhkan bumi kita yg sudah tua ini.

Kisah Abu Nawas mengatakan...

salam sob
mari kita semua bahu membahu untuk menyelamatkan bumi

Ezcool World mengatakan...

@jeng ana : mari ajak semua teman2 kita untuk go green :)
@obat sakit : yup,itu merupakan tanggung jawab kita sebagai pelindung bumi :)
@ tongkonganku : sangat dibutuhkan, yang pasti harus ramah lingkungan dan harus kita gunakan seefisien mungkin :)
@abu nawas : sebarkan semangat kk juga pada yang lain, agar kita bsa jauh lebih baik membenahi bumi tercinta kita ini :)

(tuan) Putrie Jrs ♛ mengatakan...

Green komputing nih,
daridulu pengen nerapkan prinsip ni nggak kesampaian.
susah..

:D
nice post,

Salam Satu Spirit
"Putri JRs"

NTRage03 mengatakan...

@ ezcool : sepp broo
@ putri : mksih... yup oleh karena itu "Green Android" datang mengajak kita semua untuk lebih peduli terhadap lingkungan serta mengjak semua pengguna IT khususnya untuk bisa green computing dan mengajak teman2 kita diluar sana untuk ikut bergabung menyelamatkan bumi kita ini :)

aufa onkey mengatakan...

setuju banget.....
selamatkan bumi demi anak cucu kita nanti...

Gaphe mengatakan...

bukan hanya koar-koar atau program-program mercusuar yang nggak ada tindak lanjutnya. Menolong bumi adalah kewajiban, dan memang harus dimulai dari diri sendiri, banyak caranya dan banyak kegiatannya. Masalahnya adalah, maukah kita?.

jawaban ada di tangan masing-masing

id-yansoft mengatakan...

sungguh bermanfaat teman, terima kasih atas infonya semoga dapat membuat orang lain sadar termasuk saya

Mas Odjie mengatakan...

saya memulai dari diri sendiri, tanam pohon, dan berupaya untuk lebih mencintai lingkungan...
thanks sobat !

iam mengatakan...

Iya bener, banyak potensi yang bisa kita manfaatkan untuk bumi :)

Ibnu Syarif Hidayat mengatakan...

Mari kita mulai dari diri kita sendiri, mulai dari hal yang terkecil, dan mulai saat ini

[L]ain mengatakan...

green computing...
ide bagus

darusman tohir mengatakan...

@acid
exogenesis part1 (overture) lagu yang menceritakan anak manusia yang lahir di bumi yang sudah rusak karena perbuatan manusia2 sebelumnya..
exogenesis part2 (cross pollination)menceritakan proses kehancuran bumi..
exogenesis part3 (redemption) pengembalian bumi dan berisi tentang pengampunan terhadap perbuatan2 manusia kepada bumi..

Blog Keluarga - Alergi mengatakan...

Mungkin bila dengan produksi massal dan harga yang murah serta sosialisasi yang benar,, banyak masyarakat yang bisa menggunakan teknoligi yang memanfaat kan energi kekal (matahari)..

travel to Museum Mulawarman mengatakan...

Pernah juga mencoba membeli paket listrik tenaga surya,, ternyata harganya masih cukup mahal dan perawatan yang agak rumit mungkin untuk orang awam...

Nova Miladyarti mengatakan...

wew, keren kamu acid:)
mari kita kobarkan lingkungan sehat dimulai dari manapun, termasuk teknologi:)

NTRage03 mengatakan...

@arie sshi : yuyp, oleh krna itu mri kita bersama2 hijaukan bumi tercinta kita ini
@gaphe :he'em, bukan hanya ucapan saja. dan kita hrus mau. karena ini menyangkut masa depan kita sendiri nantinya. oleh karena itu kita harus sling mengingatkan
talk less do more
@ id yansoft ::-D pastinya kk. kita hrus mulai bergerak dari sekarang
@ mas odjie : yup, slain dg gerakan menanam phon untuk menghijaukan bumi. kita juga bisa dengan melakukan dan membiasakan green computing pada diri kita dlam penggunaan komputer
@iam : oleh karena itu, kita yang harus memanfaatkannya. kalau kita bisa kenapa kita harus menunggu ?
@ibnu : setuju dngan opini anda :)
@ ain : :D mksih, kita yang harus melakukannya. dan kita juga harus mengingatkan teman2 kita juga. agar lebih bnyak lagi yang peduli terhadap bumi kita ini
@ tohir : wah :-D
ternyata untuk menyelamatkan bumi kita bukan hanya bisa dilakukan dari sisi lingkungan dan teknologi langsung. ternyata dari segi musik juga bisa. yaitu untuk menyadarkan dan memberikan kita motivasi secara langsung
@ blog keluarga : kita terus berkarya dan belajar untuk menciptakan green production. dan sosialisasi yang baik akan membuat semua teman-teman kita sadar akan pentingnya menjaga bumi kita ini :-)
@ travel : yup, oleh karena itu kita hatus memanfaatkan apa yang ada saat ini, dan menunggu produk yang jauh
@ nova : :') mksih
yup, mari kita bersama-sama tentunya

wits mengatakan...

secanggih apapun teknologi itu bila disalahgunakan hasilnya ya negatif.

ayo, kita dukung gerakan anti global warming

Aku Bisa mengatakan...

Setuju bos.. mari kita lestarikan bumi kita tercinta ini..

Posting Komentar

View All